Kepatuhan terhadap Regulasi “Know Your Customer” (KYC) dengan Implementasi Program Single Customer View (SCV)

LATAR BELAKANG

Merujuk pada Peraturan Bank Indonesia No. 14/27/PBI/2012 tanggal 28 Desember 2012 tentang Anti Pencucian Uang dan SEBI No.15/21/DPNP tanggal 14-06-2013 disebutkan bahwa : “Bank wajib memiliki dan memelihara profil Nasabah secara terpadu.” Tuntutan regulasi program “Prinsip Mengenal Nasabah” atau KYC (Know Your Customer) yang diwajibkan Bank Indonesia ini seringkali sulit untuk diimplementasikan dikarenakan karakter. Data Nasabah yang tersebar di berbagai aplikasi TI Perbankan seperti core banking system, credit card system, loan provisioning system, pension fund system, customer care system, dll— belum terstandarisasi.

Perbankan memerlukan sistem dan mekanisme Tata Kelola Data Nasabah secara terpadu untuk mewujudkan
adanya Single Customer View (SCV) dalam memastikan profil Nasabah dapat dimiliki dan dipelihara secara
terpadu, dalam konteks proses bisnis apapun.

Kepatuhan terhadap Regulasi “Know Your Customer” (KYC) dengan Implementasi Program Single Customer View (SCV)
Kepatuhan terhadap Regulasi “Know Your Customer” (KYC)
dengan Implementasi Program Single Customer View (SCV)

OBYEKTIF

  • Memahami best practice implementasi Single Customer View (SCV) dalam mendukung Kepatuhan terhadap regulasi KYC
  • Memahami step-by-step implementasi SCV
  • Mampu menyusun kebijakan dan prosedur terkait Data Governance & Manajemen Data Nasabah secara terpadu
  • Mampu menyusun model organisasi yang dibutuhkan untuk Pengelolaan SCV
  • Mampu menyusun Arsitektur Teknologi Master Data Management (MDM) untuk kebutuhan SCV

TARGET PESERTA

Perwakilan Unit Bisnis Direktorat Kepatuhan, Perwakilan Unit Bisnis Direktorat Keuangan, Perwakilan Unit
Bisnis Direktorat Operasional, Kepala Divisi TI, Manager Perencanaan TI, Kepala Divisi MIS, Kepala
Departemen Sistem Datawarehouse

INVESTASI

Rp 4.500.000

AGENDA

Selasa, 29 April 2014
Sesi 1 – Best Practice Implementasi Program SCV untuk Kebutuhan Kepatuhan terhadap Regulasi KYC
Sesi 2 – Step-by-Step Implementasi Program SCV
Sesi 3 – Case Study: Arsitektur Teknologi Master Data Management (MDM) untuk SCV
Sesi 4 – Case Study: Model Organisasi Data Governance untuk Pembagian Peran & Tanggung Jawab
Pengelolaan SCV

Rabu, 30 April 2014
Sesi 5 – Case Study: SOP Data Governance & Manajemen Data Nasabah untu SCV
Sesi 6 – Case Study: Kebijakan Data & Standar Data Nasabah untuk SCV

INFORMASI & PENDAFTARAN

DISCOUNT & VOUCHER

  • Discount:
    • 5% untuk seluruh peserta yang mendaftar early bird H – 7 (tujuh hari kalender sebelum kelas program edukasi tujuan dimulai)
    • 7,5% untuk pendaftaran sekaligus 5 peserta dari satu lembaga yang sama, pada program edukasi dengan kelas yang berbeda
    • 10% untuk pendaftaran sekaligus 3 peserta dari satu lembaga yang sama, pada program edukasi dengan kelas yang sama
  • Voucher:
    • Rp 1.000.000,- untuk setiap kelipatan 10 (sepuluh) dari akumulasi peserta dari satu lembaga yang sama (berlaku untuk pengurang biaya investasi program edukasi)
    • 1 slot peserta gratis untuk setiap kelipatan 50 (lima puluh) dari akumulasi peserta dari satu lembaga yang sama (berlaku untuk program edukasi sejenis, baik CPE (Continuing Professional Education) atau CEP (Certification Examination Preparation)

TERM & CONDITION

  • Kuota minimal kelas berjalan untuk setiap program edukasi adalah 4 peserta
  • Kepastian keberjalanan kelas disampaikan kepada peserta/lembaga pengirim pada H-3 (tiga hari sebelum kelas berjalan) oleh penyelenggara
  • Kelas di bawah 4 peserta dapat dijalankan dengan kesepakatan tertentu antara penyelenggara dengan peserta/lembaga pengirim

Share your thoughts