Implementasi Data Governance & Architecture Management Berbasis DAMA DMBOK

Latar Belakang

“Organizations that do not understand the overwhelming importance of managing data and information as tangible assets in the new economy will not survive.” (Tom Peters, Pakar Manajemen Bisnis, 2001).

Sebelumnya, hanya uang dan SDM yang dianggap sebagai aset vital organisasi. Namun, di era informasi sekarang ini, data dan informasi (hasil olah data) juga sudah menjadi aset vital. Semua aset ini merupakan pendukung organisasi guna mencapai tujuannya sehingga perlu sepenuhnya dikelola secara tepat dan hati-hati. Dalam keseluruhan 10 (sepuluh) fungsi data management, Data Governance merupakan pusat kendali aset data dan informasi. Seluruh pihak stakeholder kunci dalam organisasi, baik IT maupun bisnis, berbagi tanggung jawab dan otoritas dalam mengendalikan pengelolaan aset data ini, khususnya dalam menjalankan fungsi perencanaan, monitoring dan penegakan kebijakan-kebijakan kunci mengenai tata kelola data yang dihasilkan oleh organisasi Data Governance tersebut.

Selain itu juga bisa dilihat bahwa fungsi data management yang pertama kali berinteraksi dengan, dan terpengaruhi oleh, Data Governance adalah Data Architecture Management. Keberadaan Arsitektur Data menjadi begitu bernilai ketika ia mampu dalam mendukung kebutuhan informasi bagi keseluruhan organisasi/ perusahaan. Misi utama Data Architecture Management adalah mendefiniskan aset data yang diperlukan perusahaan, lalu merancang sebuah Master Blueprint untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Data Governance & Management Framework DAMA DMBOK

Pada training ini akan dibahas konsep dan aktifitas step-by-step dalam mengimplementasikan Data Governance dan Data Architecture Management berbasis framework DAMA DMBOK.

Target Peserta

Business/IS/IT Director,  SBU Head, CIO, Busines/IS/IT Manager, IS/IT Auditor/Assessor, IS/IT Professional

Biaya Investasi

Rp 3.500.000/ orang

Catatan:

  • Biaya ini di luar biaya penginapan/ hotel (disediakan alternatif hotel terdekat)
  • Diskon 10% untuk pendaftaran grup (minimal 5 orang)
  • Diskon 5% bagi pendatar early bird (maksimal H-10)

Agenda

Kamis, 13 Juni 2013
Sesi 1 – Data Governance Value Proposition dan Perbedaannya dengan IT Governance
Sesi 2 – Model Organisasi Data Governance & Stewardship
Sesi 3 & 4 – Step-by-Step Implementasi Data Governance

Jumat, 14 Juni 2013
Sesi 5 – Konsep Kunci dalam Data Architecture Management
Sesi 6 – Step-by-Step Implementasi Data Architecture Management

Informasi dan Pendaftaran

Download: [download id=”9″]

Informasi dan Pendaftaran: Sdri. Lidia

Share your thoughts