Strategi Informasi (4-5 Okt 2012)

Venue: Hotel Aston Tropicana Bandung, 04-05 Oktober 2012

Di tengah era informasi sekarang ini, strategi informasi menjadi siginifikan ketika aset informasi dalam suatu organisasi perlu diselaraskan dengan perkembangan dan arahan strategi bisnis. Banyak organisasi bisnis yang belum dapat benar-benar memahami informasi apa yang sejatinya mendorong bisnis dan mendukung keputusan bisnis terpenting mereka. Padahal, pemetaan tingkat kritikal informasi — yang dimiliki suatu organisasi bisnis — adalah titik awal untuk memahami aset informasi bisnis yang sebenarnya.

Strategi informasi dapat membantu organisasi bisnis dalam melakukan prioritasisasi informasi sehingga dapat memetakan informasi bisnis mana yang benar-benar mendorong aktivitas, hasil dan kesuksesan bisnis. Hal itu menyebabkan organisasi bisnis bisa lebih jelas melihat aset informasi mereka ketika isu-isu krusial dalam bisnis muncul, atau, dapat meningkatkan proses pengambilan keputusan dengan melihat informasi bisnis kritikal mana yang benar-benar memiliki dampak terhadapnya, informasi bisnis mana yang memiliki prioritas kepentingan teratas hingga prioritas terbawah dalam mendukung kebutuhan tersebut.

Strategi informasi juga dapat membantu organisasi dalam mengidentifikasi siapa sejatinya pemilik informasi –yang bertanggung jawab penuh atas informasi tersebut—dan pengguna informasi, serta bagaimana peta keterkaitan diantara keduanya. Hal ini akan sangat membantu organisasi bisnis dalam menyingkap adanya kesenjangan (gap) ataupun redudansi informasi, termasuk kemungkinan mengidentifikasi informasi tersembunyi yang bisa lebih diberdayakan untuk mendukung peningkatan kualitas kinerja bisnis di dalam organisasi. Sehingga strategi informasi membantu para pengambil kuptusan bisnis untuk lebih mampu melihat secara utuh aset informasi yang mereka miliki, serta inisiatif unit kerja bisnis –sebagai pemilik informasi– mana saja yang dapat memberikan nilai manfaat bisnis yang siginifikan secara cepat.

Pada akhirnya, strategi informasi bisa merekomendasikan suatu roadmap untuk memetakan informasi bisnis yang perlu di kelola saat ini, 2 tahun selanjutnya, hingga 5 atau 10 tahun ke depan. Dengan mendefinisikan roadmap strategi informasi yang dapat termonitor perkembangannya ini, organisasi memiliki arsitektur Informasi yang kokoh, sehingga organisasi bisnis bisa lebih menyesuaikan kembali inisiatif unit kerja bisnis atau sistem informasi mana saja yang diperlukan untuk memulai pengelolaan informasi ini, dan kapan pengelolaan informasi ini harus terlengkapi untuk mendukung perjalanan strategi bisnis itu sendiri.

CPE kali ini secara khusus diperuntukkan bagi: CIO, Pemimpin Unit Bisnis strategis, Manajer TI, Manajer Bisnis, IT Quality Assurance.

Pelaksanaan sebagai berikut:

Kamis – Jumat, 04-05 Oktober 2012
Hotel Aston Tropicana
Premier Plaza, Jl. Cihampelas 125 – 129
Bandung 40131, Indonesia.

Kamis, 04 Oktober 2012

08.30 – 09.00

Registrasi

09.00 – 10.00

Information Strategy Overview, Benefits & Outcomes

10.00 – 10.30

Coffee Break

10.30 – 12.00

How to Determine Business Baselines & Information Current State

12.00 – 13.00

Ishoma

13.00 – 14.30

How to Identify Information Management Requirement & Value Priorities

14.30 – 15.00

Coffee Break

15.00 – 16.30

How to Define Information Management Opportunities & Governance
Jumat, 05 Oktober 2012

08.00 – 09.30

How to Develop Information Management Business Case & Roadmap

09.30 – 10.00

Coffee Break

10.00 – 11.30

Simulation Practice

11.30 – 11.45

Penutupan

11.45 – 13.00

Ishoma

 

Download brosur dan form pendaftaran:

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Sdri. Lidia Mulyasari
Telepon/Fax: +62-22-87241348
Email: lidia@transforma-institute.biz
Mobile: +62-22-7008-0003, 08562106966

Share your thoughts