Implementasi IT Service Management Berbasis ISO 20000 & ITIL
Latar Belakang
IT Service merupakan mekanisme delivery value TI melalui konsep utility (fit for purpose) dan warranty (fit for use) dengan pertimbangan efektivitas, efisiensi dan risiko. Konsep IT Service Management (ITSM) melalui ITIL pada awalnya diusung oleh CCTA Inggris di tahun 1980-an, dilanjutkan pengelolaannya oleh OGC tahun 2000, dan terakhir di 2011 oleh HM Government. ITIL merupakan best practice ITSM yang telah diadopsi oleh banyak organisasi di dunia, bahkan tahun 2005 ITIL v.2 (BS 15000) telah diadopsi menjadi standar dunia melalui ISO 20000. Beberapa referensi best practice lain yang dirilis OGC seperti Management of Risk (MoR), Management of Value (MoV), Portfolio, Programme & Project (P3O) termasuk PRINCE2 untuk Project Management.
Berdasarkan 12 kajian tentang ITSM (APMG, 2011), terdapat estimasi average 57% populasi dunia mengadopsi ITIL dan 5% ISO 20000. Sedangkan menurut Global Status Report on IT Governance (ISACA, 2011) menyatakan adopsi ITIL dan ISO 20000 sebanyak 28%, ISO 27000 (21,1%), lalu COBIT (12,9%), dsb. Berikut ini adalah beberapa benefit mengadopsi ITSM berdasarkan kajian tersebut yaitu cost control (19%), customer satisfaction (15%), standardization (11%), downtime reduction (10%), faster response and resolution (9%), business-IT alignment (8%), dsb.
Obyektif
– Memahami konsep IT Service Management
– Memahami standar dan best practice ITSM berbasis ISO 20000 dan ITIL v.3
– Memahami metode assessment proses ITSM berbasis ISO 15504
– Memahami step-by-step implementasi ITSM
– Mampu menyusun business case implementasi ITSM
Target Peserta
IT Director, CIO, IT Manager, IT Service Manager, IT Operation Manager, IT Auditor, IT Quality Assurance, IT Professional
Investasi
Rp 3.500.000
Agenda
Kamis, 4 Juli 2013
Sesi 1 – Konsep IT Service Management Berbasis ISO 20000 & ITIL v.3
Sesi 2 – Stage ITSM pada ITIL v.3: Service Strategy, Design, Transition, Operation, Continual Improvement
Sesi 3 – Assesment Kapabilitas Proses ITSM pada ISO 20000 Berbasis ISO 15504
Sesi 4 – Studi Kasus: Penyusunan Kebijakan dan SOP TI Berbasis ITSM
Jumat, 5 Juli 2013
Sesi 5 – Step-by-Step Implementasi ITSM
Sesi 6 – Penyusunan & Pembahasan Business Case Implementasi ITSM
Informasi dan Pendaftaran
- Download: Brosur Training Juli 2013
- Download: Undangan Pelatihan
- Download: Formulir Pendaftaran
- Download: List Hotel Terdekat
- Informasi dan Pendaftaran: Sdri. Lidia
- Jadwal Training 2013