Cyber Security Nexus Fundamental [CSX-F] (18-20 Sep 2017)

LATAR BELAKANG

CSX Fundamentals
CSX Fundamentals

Fakta menunjukkan bahwa investasi Teknologi Informasi dunia tidak pernah berhenti tumbuh. Berdasarkan data survey Gartner dan juga lembaga riset lainnya, diketahui bahwa saat ini ribuan trilyun digelontorkan setiap tahunnya untuk investasi, diestimasi pada tahun anggaran 2016 dana investasi TI menghabiskan lebih dari Rp 50 ribu triliun. Harapan shareholder adalah bagaimana bisa menghasilkan informasi yang memang betul-betul dibutuhkan organisasi dari pengolahan sumber daya yang ada seperti data, software, hardware dan brainware. Apakah pengelolaan resources tersebut sudah optimal? Seberapa efektif dukungan aset 3 ware tersebut di atas dalam membantu pengolahan data menjadi informasi yang memenuhi kriteria?

Setelah itu pertanyaan lebih lanjut adalah bagaimana memastikan agar data yang digunakan dan informasi yang dihasilkan dapat secara efektif dikelola pengamanannya. Apakah pengendalian risiko pengamanan data dan informasi existing sudah sesuai dengan risk appetite organisasi? Sudahkah terdapat klasifikasi informasi sehingga mengefektifkan penerapan kendali terhadap risiko di balik informasi tersebut? Apakah ada kelemahan kendali yang akan menghambat pencapaian tujuan organisasi?

Keamanan informasi saat ini merupakan kebutuhan yang kritikal dalam mendukung fungsionalitas bisnis. Komponen keamanan informasi merupakan entitas yang terdiri dari orang, teknologi, serta proses. Implementasi keamanan informasi pada organisasi dibutuhkan sehingga keamanan data pada organisasi dapat terjaga.

Cybersecurity Skills Crisis
Cybersecurity Skills Crisis

Berdasarkan UU No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, yang diturunkan menjadi PP No. 82 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, yang kemudian juga menjadi dasar untuk dirilisnya Panduan Tata Kelola Pengamanan Informasi pada oleh Kementerian Kominfo, juga Peraturan Menteri Kominfo terbaru No. 4 tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi (SMPI) yang mengharuskan semua lembaga sensitif dan berisiko tinggi di Indonesia untuk melakukan self-assessment Indeks KAMI.

Pelatihan ini akan membuka dan menambah wawasan peserta terhadap prinsip-prinsip data dan teknologi serta mendefinisikan terminilogi Cybersecurity. Peserta didik akan mendapatkan informasi tentang pentingnya Cybersecurity dan peran integral dari profesional Cybersecurity serta persiapan menuju sertifikasi CSX (Cybersecurity Nexus Fundamental) dari ISACA.

OBJEKTIF

  • Peserta memahami 6 domain body of knowledge sertifikasi CSX Fundamental.
  • Peserta mengetahui sharing pengalaman exam, tips dan trik lulus exam dari fasilitator.
  • Peserta mendapatkan pengalaman praktis dalam melaksanakan ujian CSX-F melalui latihan soal setiap domain.
  • Peserta mengetahui kondisi kesiapan mengikuti ujian CSX-F melalui pelaksanaan simulasi exam yang disertai dengan pembahasan solusi.
  • Peserta mampu menyusun rencana persiapan ujian CSX-F berdasarkan situasi dan kondisi masing-masing.

TARGET PESERTA

IT Director, CIO (Chief Information Officer), CISO (Chief Information Security Officer), Information Security Manager, Information Security Planner, Information Security Auditor/ Assessor, Information Security Risk Officer, Information Security Compliance Officer, Information Security Officer, Information Security Governance Officer, Information Security Professional.

INVESTASI

Rp. 4.450.000,- (Include PPN) diluar biaya akomodasi penginapan

AGENDA

Senin, 18 September 2017

  • Sesi 1: Cybersecurity Introduction and Overview
  • Sesi 2: Cybersecurity Concepts
  • Sesi 3: Cybersecurity Controls + Latihan Domain 1 dan 2
  • Sesi 4: Security Architecture Principles 1

Selasa, 19 September 2017

  • Sesi 5: Security Architecture Principles 2
  • Sesi 6: Security of Networks, Systems, Applications and Data
  • Sesi 7: Application Security + Latihan Domain 3 dan 4
  • Sesi 8: Incident Response

Rabu, 20 September 2017

  • Sesi 9: Security Implications and Adoption one Evolving Technology
  • Sesi 10: Consumerization of IT and Mobile Devices Latihan Domain 5 dan 6
  • Sesi 11: Simulasi Exam CSX-F
  • Sesi 12: Pembahasan Simulasi dan Penyusunan Rencana Persiapan Ujian

UNDUHAN (Pelatihan Bulan Juli-September 2017)